Artikel Manaj. Pemasaran Global
Putri Qibtia
15215457
Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia.
Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar
ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan
pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap
perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. Bagi para
pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi cambuk yang melecut semangat untuk
memecahkannya sehingga usaha dapat semakin berkembang dan maju. Karakter
semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet pengelola perusahaan di
Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang
hasilnya memang super.
Konsep Pemasaran Global
1. Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Kebutuhan, Keinginan dan
Permintaan Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan
manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar.
Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan
terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas
tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan
institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang
didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya. Keinginan menjadi
permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa
pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya Pemasar
mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok,
menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
2.Produk
Produk Produk adalah
sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya
tetapi pada jasa yang dapat diberikannya Oleh karena itu dalam membuat produk
harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan produk tersebut.
3. Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk
memenuhi kebutuhannya Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi
kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi
kepuasan total paling tinggi. Nilai setiap produk sebenarnya tergantung dari
seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk ideal, dalam ini termasuk
harga.
4. Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
Pertukaran, Transaksi dan Hubungan Kebutuhan
dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk
menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi
kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu
cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan
sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian
sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka
berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Jika persetujuan tercapai maka
disebut transaksi. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk
kelancaran dari transaksi, maka hubungan yang baik dan saling percaya antara
pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi,
teknis clan sosial yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu
dinegosiasikan setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat
dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga
yang wajar secara kesinambungan.
5.Pasar
Pasar Pasar terdiri dari
semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta
mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan
transaksi pada suatu produk.
6. Pemasaran dan Pemasaran
Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah
keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja
dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi
kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah orang yang mencari sumber
daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Kalau
satu pihak lebih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak
pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.
Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global/Transnasional
1. Pemasaran Domestik : pemasaran yang secara nyata ditunjukkan
pada pasar dalam negeri tersebut dengan pasar domestic. Suatu perusahaan yang
berkecimpung dalam pemasaran domestic mungkin melakukan hal ini untuk memfokuskan
pada pemasaran domestic untuk menghindari belajar cara memasarkan ke luar
negeri.
2. Pemasaran Ekspor : tahap pertama untuk menanggapi kesempatan
pasar di luar negeri. Pemasaran ekspor menjadikan pasar luar negeri sasaran dan
menggantungkan diri pada produksi dalam negeri untuk pemasok pasar ini.
3. Pemasaran Internasional : pemasar internasional bertindak
lebih jauh lagi dari pemasar ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan
pemasaran dalam Negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
4. Pemasaran Multinasional : organisasi pemasaran multinasional
mulai dengan memfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.
5. Pemasar Global : memfokuskan pada asset, pengalaman dan
produk perusahaan secara global dan melakukan penyesuaian pada apa yang
benar-benar untik dan berbeda disetiap Negara.
Hal yang
mendorong dan menghambat Pemasaran Global
Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis
dari beberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
Hal yang mendorong di antaranya adalah : - kebutuhan dan keinginan pasar - teknologi
- perbaikan transportasi - biaya - kualitas - perdamaian global - pertumbuhan
ekonomi dunia - mengenali peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global
Hal yang menghambat : -
perbedaan pasar - kecadokan manajemen - budaya organisasi - kendali nasional
Tahap- tahap Pengembangan Korporasi
Transnasional
Tahap Satu : Domestik
l Domestik dalam
fokus, visi, dan operasi
l Fokus pada
pasar domestik, pemasok domestik, dan pesaing domestik
l Pegamatan
lingkungan bersifat lokal
l “Bila tidak
terjadi di negara ini, hal itu tidak akan terjadi”
l Keputusan yang
disadari
l Dapat
berkembang menjadi tahap kedua perusahaan à variasi masuk
pasar, produk, teknologi baru bkn penetrasi pasar internasional
Tahap Dua : Internasional
l Memperluas
pemasaran, pabrik, dan kegiatan lain di luar negeri
l Tetap
etnosentris (home country orientated)
l Pengelompokan
ke dalam divisi internasional
l Strategy of
‘extension’ à fokus pada
perluasan baruan pemasaran dalam negeri dan model bisnis
l Global
development always begins in stage two
l “Merupakan
kesalahan untuk mencoba secara simultan melkukan variasi ke dalam pelanggan
baru dan pasar produk/teknologi baru”
Tahap Tiga : Multinasional
l Menemukan bhw
pasar yang berbeda memerlukan beberapa penyesuaian/adaptasi
–
Pertama kali Toyota memasuki pasar US thn 1957 sbg
Toyopet
–
“overpriced, underpowered, built like tanks”
l Tidak ada kata
gagal, yg ada hanya “learning”
l Fokus
multidomestik
l Orientasi
polisentrik
l Menyesuaikan
bauran pemasaran domestik agar cocok dgn pilihan dan kebiasaan pasar
internasional
Tahap Empat : Global
l Strategi
pemasaran global atau sourcing strategy
l Focus globally
and supply from domestic market
–
Harley Davidson (perusahaan pemasaran global)
Dirancang
dan diproduksi di US, investasi di LN hanya pemasaran à pasar dunia
dijadikan pasar sasaran
l Supply domestic
market from global sources
–
Gap (perusahaan dgn pemasok global)
Mencari
pemasok produk di seluruh dunia tanpa mencoba utk membuat global semua fungsi
organisasi kunci
l Memenangkan
strategi bila perusahaan dpt menciptakan keunggulan bersaing dgn membatasi
globalisasi dari rantai nilai à harus memahami
keterbatasan dari keunggulan bersaing (not too ambitious!)
Tahap Lima : Transnasional
l Penjualan,
investasi dan operasi berada di banyak negara
l Perusahaan
dunia terpaduu yang menghubungkan global markets dan global supplies
l Geosentris - mengakui adanya persamaan dan perbedaan dan
mengadopsi pandangan dunia à Think globally
act locally
l Mengadopsi
strategi global à menambah nilai
l Aset kunci:
tersebar, saling tergantung, terspesialisasi. Co: R&D
Sumber :
Komentar
Posting Komentar