BERBISNIS ONLINE SHOP
Pengertian Online Shop
Menurut
Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian
barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui
internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa
dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012).
Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu
menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar
monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan
transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil
survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi
perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online
shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh
bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK
ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena
jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80%
dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)
Survey
yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam
berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara
5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan
Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru,
Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi
dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden
dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak
mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di
Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun
2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi
dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog,
multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang
ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang
membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
Pada awal
kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat
dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan
internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun
seiring berjalannya waktu, dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan
kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi
banyak yg memanfaatkan berbelanja dengan online.
Kelebihan Online Shop
Bisnis
Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak.
Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu
bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita
dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau
‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
Tak hanya
memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tingal meng ‘klik’
saja, menurut Iqbal Maulana, 2012, 7 alasan orang lebih memilih melakukan
belanja online atau online shop antara lain :
1. Hemat Tenaga
Belanja
secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di
kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga
akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja
melalui onlie, Anda bisa 'melayani diri sendiri' dengan cepat tanpa harus
menunggu waktu lama.
2. Mengurangi Rasa Lelah
Untuk
pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau
mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa
berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa
juga sambil menonton tv.
3. Tidak Repot
Jika
memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan
yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal
menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
4. Mudah Membandingkan Harga
Daripada
menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga
baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping.
Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle
shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
5. Tidak bertatap muka
Belanja
online juga memang di lakukan melalui internet , banyak orang yang memang
mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada penjualnya, salah satunya
faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan istri Anda lingerie , pasti
Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di pusat perbelanjaan bukan ?
6. Hemat Waktu
Belanja
online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan.
Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga
waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
7. Nyaman
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara
online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam
sekalipun.
Kekurangan Online Shop
Ada juga
sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online.
Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap
barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya,
serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat
gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak
sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka
takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah
melakukan transfer sejumlah uang tertentu.
Karena
transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan
sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online
shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba
belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di
jejaring social media seperti facebook dan twitter.
Cara Memastikan sebuah online
shop
Saat ini
pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop
fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif
yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang
cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan
belanja online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian
sebuah online shop menurut Ayu Noor, 2011 :
1.Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika
diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat
tersebut fiktif atau tidak.
2.Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash
on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih
baik tidak perlu ada transaksi.
3.Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening
bersama. Jika pemilik toko enggan menggunakan rekber, dipastikan mereka takut.
Karena bila menggunakan rekening bersama otomatis keamanan uang Anda
terjamin.
4.Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di
Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak
komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu.
PROFIL
USAHA
1.Nama Usaha
Usaha
yang telah dikembangkan diberi nama “Sejahtera Shop” .
2.Modal
Sejahtera
Shop tidak menggunakan modal sama sekali, kerena semua yang akan kami gunakan
dalam menjalankan usaha online ini adalah hal – hal atau barang – barang yang
sudah kami gunakan untuk keperluan lain sebelumnya. Misalnya Blackberry
Smartphone, Laptop atau Komputer, Modem atau koneksi jaringan internet, pulsa,
account tabungan pada salah satu bank, dll.
3.Rencana Lokasi Usaha
Dengan
pembuatan group pada suatu fasilitas social media yang telah disediakan oleh
satu nama merk handpone yang memproduksi smartphone. Dalam kasus ini ialah
Blackberry Smartphone.
Pembuatan
account pada social media lainnya seperti facebook, twitter, atau kita juga
dapat membuat website khusus atau pribadi ketika jumlah pelanggan menjadi
semakin banyak atau melebihi batas maximum group pada Blackberry Smartphone.
4.Target Pelanggan
Target
pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat dalam kontak
blackberry messenger kita. Dan juga mereka pengguna internet yang tergabung
dalam situs jejaring social lainnya.
5.Jenis Produk
Jenis produk yang telah dijalani adalah :
1. Penjualan pakaian
2. Penjualan Pants
3. Penjualan Bags
4.Penjualan Jam
5.Penjualan Garskin
6. Penjualan Sunglasses
7. Penjualan Accessories
8. Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan
kegiatan konsumen.
6.Mulai Usaha
Dalam
menjalankan usaha online shop ini kami tidak memerlukan waktu khusus dalam
mengerjakannya. Kami dapat melakukannya dimana pun dan kapan pun tanpa
menggangu perkuliahan ataupun aktivitas kami yang lain.
7.Perangkat Keras Dan Lunak
Perangkat keras yang akan digunakan dalam usaha ini adalah :
1. Blackberry Smartphone.
2. Laptop atau komputer ( jika diperlukan ).
3. Koneksi internet.
4. M-banking tau E-banking .
8.Laba
Laba dari
tiap produk yang ditawarkan berbeda – beda, untuk bulan pertama kemungkinannya
ialah Rp. 15.000,00 – Rp. 1.000.000,00 tergantung dari berapa banyaknya barang
yang terjual selama satu bulan tersebut.
9.Pembagian Hasil
Kebanyakan dalam pembuaatan usaha online shop jenis ini ialah perorangan, maka
tidak ada pembagian hasil dengan pihak manapun dalam usaha online shop ini.
Karna laba atau keuntungan yang didapat dari tiap barangnya hanya sedikit,
umumnya maksimal pembuatan usaha online ini hanya 2 orang saja. Dengan begitu
pembagian hasilnya dapat dilakukan pada akhir tahun atau sesuai dengan kesepakatan
waktu pembagian hasil yang dilakukan diawal, prosentasenya yaitu sebesar 50% :
50%.
10.Surat Perjanjian
Dalam
awal menjalankan usaha online shop ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya
berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada surat perjanjian dalam usaha
online shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal
dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya surat perjanjian untuk
mendapatkan jaminan hukum.
11.Strategi Pemasaran
Strategi yang akan kami jalankan pada usaha online shop ini
antara lain :
v
Menampilkan barang-barang yang bisa mengundang atau memancing
orang untuk melihat-lihat barang yang kita tawarkan.
v
Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
v
Memberikan diskon atau potongan harga jika membeli dalam jumlah
banyak.
v
Memberikan diskon khusus kepada pembeli atau pelanggan setia.
v
Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.
v
Menyediakan fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara
gratis.
12.Konsep Pemasaran
Sejahtera
Shop ini menerapkan Konsep Pemasaran “Berwawasan Menjual” dengan menggunakan
sistem payment yang artinya “ada uang ada barang” Kami beranggapan bahwa, kami
akan susah mendapatkan pelanggan dan pelanggan kami tidak akan membeli produk
kami dalam jumlah cukup banyak sehingga kami harus melakukan strategi penjualan
yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.
Rencana Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang
1. Rencana Jangka Pendek
Melakukan
promosi, promosi dilakukan dengan cara menyebarkan selebaran dan memasang
spanduk atau menempelkan reklame-reklame di tempat yang ramai dikunjungi orang.
2. Rencana Jangka Menengah
Mengadakan diskon atau
potongan harga. Promosi berjalan dengan lancar sehingga dapat menaikkan pasar.
3. Rencana Jangka Panjang
Pembanguan Butik
Keunggulan dari pembuatan usaha Online Shop kami ini antara
lain:
Harga
Dalam
menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan dengan
kantong dari konsumennya.Akan tetapi ebby_shop ini tetap memperhatikan kualitas
dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan
kualitas barang yang mereka beli. Konsumen tidak perlu khawatir soal harga.
Harga dan biaya akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing konsumen.
Model
Anak-anak
muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha
mengikuti trend masa kini, dan model pakaian yang dijual di ebby_shop ini
biasanya mengkuti perkembangan trend masa kini. Dengan motif yang sedang update
seperti tribal owl hooundstooth.
Pelayanan
Selain
harga dan kualitas, hal lain yang cukup penting dalam usaha biutik adalah
pelayanan. Pelayanan yang ramah dengan senyuman di bibir akan menarik banyak
pelanggan untuk kembali ke rumah makan Anda.
Dengan memberikan potongan harga
Dengan
memberikan potongan harga ongkos kirim atau dapat juga free ongkir untuk
pembelian diatas 3pcs atau kepada konsumen yang sudah lebih dari 5 kali membeli
produk di dalam group shop kami.
Keterbatasan Sistem
Karena
adanya keterbatasan sistem dalam perangkat blackberry messenger yang mengakibatkan
tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya seseorang berada
dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang yang menolak untuk
ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu kami menjadikan
profil picture kami untuk menampilkan gambar – gambar dari dari produk – produk
yang kami tawarkan di dalam group online shop kami. Sehingga orang – orang atau
kontak yang tidak berada dalam group ini pun tetap dapat melihat apa yang coba
kami tawarkan.
Kendala dan Cara Mengatasi
Kendala
yang sering dihadapi ialah saat pendistribusian pemesanan . Keterlambatan saat
produk diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin.
Analisis
Masalah
Analisis Pengembangan
Bisinis Online
Membangun sebuah
komunitas adalah sangat penting untuk pengembangan bisnis online shop, seperti
mencari pertemanan, kolega, rekan bisnis, sesama penggemar di mana dibentuk
dalam satu wadah khusus. Komunitas sederhananya adalah untuk membangun sebuah
kelompok yang mempunyai kesamaan visi dan misi.
Kelompok
tersebut akan menjadi besar jika ada aktivitas rutin, diskusi, forum, atau
tanya jawab seputar kegiatan yang akan kita bentuk misalnya Asosiasi Properti
yang membahas masalah properti seperti apartemen, penthouse dan perumahan.
Komunitas
online shop bisa kita bentuk melalui website seperti forum atau yang lebih
sederhana menggunakan mailist, atau yang sedang trend saat ini menggunakan
facebook.Komunitas offline anda bisa mengadakan home meeting / home sharing
yang bisa secara rutin Anda lakukan di group Anda.
Jika Anda
bisa membangun cara ini, maka group Anda bisa menjadi kokoh dalam waktu yang
relatif singkat, karena pertemuan seperti itu bisa menciptakan sebuah loyalitas
dalam sebuah kelompok atau group.
Cara ini
sangat ampuh jika kita gunakan untuk mengembangkan bisnis online shop, walaupun
dengan berbagai kelemahan dan kelebihannya bisnis online masih banyak menuai
kontroversi, karena banyaknya korban berjatuhan.
Dengan adanya
komunitas bisa mengurangi korban korban baru dan bisa memperbaiki citra bisnis
online shop dan memberikan keuntungan khusus Diskon Barang Asosiasi dari sebuah
komunitas tersebut Demikian juga dengan MLM atau Network Marketing, inilah
bisnis yang sangat kontroversi, paling dibenci sekaligus di cari.
Apapun
pendapat Anda bisnis ini paling banyak menciptakan jutawan atau milyuner dalam
waktu yang relatif singkat dan dengan modal yang sangat minim.
Di bisnis
ini anda wajib punya komunitas yang loyal, jika anda ingin disebut sebagai
leader sejati Anda harus memiliki syarat utama, seperti citra yang baik (bukan
kutu loncat), mempunyai pemahaman yang baik ttg bisnis ini, mempunyai pribadi
yang santun dan suka membantu, dan pada akhirnya banyak orang yang percaya
dengan kredibilitas anda.
Membangun
komunitas di network marketing perlu waktu yang relatif lama, perlu pembuktian,
dan perlu pelayanan yang lebih dari Anda.
Jika itu
tidak dilakukan maka tidak lama kemudian jaringan Anda akan mati perlahan
lahan, dan anda akan gagal.
Kesimpulan
Bisnis adalah suatu organisasi
yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk
mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata
business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja
online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual
realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak perlu
harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud
‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer,
dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli
secara cepat dan nyaman.
Tetapi,
arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya,
serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat
gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak
sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka
takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah
melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar
online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih
dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
Saran
Dalam
berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang
ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja
prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena
emas ada satu jengkal lagi.
Upaya
pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan
masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan
mengurangi pengangguran di dalam negeri.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar